Kamis, 28 April 2011

Fakta Nutrisi Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu rempah-rempah yang sangat berharga juga diakui di seluruh dunia untuk kualitas mereka obat dan kuliner. Mereka adalah "kuncup bunga" dari hutan hujan asli pohon cemara ke Indonesia.

Botanikal, rempah-rempah milik keluarga Myrtaceae dari genus, Sygyzium, dan ilmiah dinamakan sebagai aromaticum Sygizium.

Kuncup bunga pada awalnya berwarna pucat, secara bertahap berubah menjadi hijau, dan akhirnya berkembang menjadi tunas cengkeh merah cerah, ketika mereka siap untuk panen. Tunas umumnya, mengambil ketika mereka mencapai 1,5-2 cm.


Secara struktural, masing-masing tunas terdiri dari kelopak panjang; mengakhiri dalam empat sepal menyebarkan, dan empat kelopak yang belum dibuka yang membentuk bola kecil (kubah) di pusat. Aroma manis cengkeh adalah karena eugenol, minyak esensial di dalamnya.

Obat properti dan manfaat kesehatan cengkeh

  • Prinsip-prinsip aktif dalam cengkeh yang diketahui memiliki antioksidan, anti-septik, anestesi lokal, anti-inflamasi, rubefacient (pemanasan dan menenangkan), sifat karminatif dan anti-kembung.

  • rempah-rempah mengandung banyak manfaat kesehatan minyak penting seperti eugenol, seorang-propanoid kelas fenil senyawa kimia, yang memberikan menyenangkan, wewangian aromatik manis ke-cengkeh tunas. Eugenol memiliki sifat anestesi dan antiseptik lokal, maka; berguna dalam prosedur perawatan gigi.

  • Unsur penting lainnya dalam bumbu ini mencakup: 
  1. minyak esensial: asetil eugenol, beta-caryophyllene dan vanilin, asam crategolic; 
  2. tanin: asam gallotannic, salisilat metil (nyeri-pembunuh);
  3. flavonoid: eugenin, kaempferol, rhamnetin, dan eugenitin;
  4. triterpenoid: seperti asam oleanolic, stigmasterol dan campesterol;
  5. dan beberapa seskuiterpen.

  • Prinsip-prinsip aktif dalam cengkeh yang dapat meningkatkan motilitas saluran gastro-intestinal serta meningkatkan daya pencernaan dengan meningkatkan sekresi enzim pencernaan. Dengan demikian, membantu meringankan masalah pencernaan dan sembelit.

  • rempah-rempah juga mengandung baik jumlah mineral seperti kalium, mangan, selenium besi, dan magnesium. Kalium dalam cairan elektrolit penting dari sel dan tubuh yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor-rekan untuk superoksida dismutase enzim antioksidan.

  • Ini berisi jumlah yang sangat baik vitamin A dan beta karoten tingkat. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antioksidan. Vitamin A juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit dan juga penting untuk penglihatan. Konsumsi makanan alami kaya flavonoid membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

  • bumbu ini merupakan sumber yang baik dari vitamin K, vitamin B6 (pyridoxine), thiamin (vitamin B-1), vitamin C dan riboflavin. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh menjadi resistan terhadap agen infeksius dan radikal bebas berbahaya mengais oksigen.



Lihat tabel di bawah ini untuk di analisa mendalam terhadap nutrisi:

Cengkeh (Sygizium aromaticum),
Nilai gizi per 100 g
(Sumber: USDA Nutrient Nasional basis data)



Prinsip
Nilai Gizi
Persentase AKG
Energi
47 Kcal
2%
Karbohidrat
10,51 g
8%
Protein
3.27 g
6%
Total Lemak
0,15 g
0,5%
Kolesterol
0 mg
0%
Dietary Fiber
5,4 g
14%
Vitamin
Folates
68 mcg
17%
Niacin
1,046 mg
6,5%
Asam pantotenat
0,338 mg
7%
Pyridoxine
0,116 mg
9%
Riboflavin
0,066 mg
5%
Thiamin
0,072 mg
6%
Vitamin A
13 IU
0,5%
Vitamin C
11,7 mg
20%
Vitamin E
0,19 mg
1%
Vitamin K
14,8 mcg
12%
Elektrolit
Sodium
94 mg
6%
Kalium
370 mg
8%
Mineral
Kalsium
44 mg
4%
Tembaga
0,231 mg
27%
Besi
1,28 mg
16%
Magnesium
60 mg
15%
Mangan
0,256 mg
11%
Fosfor
90 mg
13%
Selenium


Seng
0.2 mcg
<0.5%
Phyto-nutrisi
ß-karoten
8 mcg
-
Crypto-xanthin-ß
0 mcg
-
Lutein-zeaxanthin
464 mcg
-


Pemilihan dan penyimpanan

rempah-rempah ini tahun tersedia di sekitar pasar. cengkeh dengan kualitas yang baik melepaskan aroma manis ketika terjepit di antara jari-jari jempol dan indeks. Di toko, membeli seluruh tunas bukan bubuk sejak, seringkali mungkin berisi bubuk pedas dipalsukan. Cengkeh harus sehat dengan batang dan sepal, dan kompak.

Seluruh cengkeh harus disimpan di tempat sejuk dan gelap, dalam kemasan kedap udara selama berbulan-bulan dan dapat digiling dengan menggunakan "gilingan tangan" jika diperlukan. Ground / cengkeh bubuk harus disimpan dalam lemari es dalam wadah kedap udara dan harus digunakan sedini mungkin karena kehilangan rasa dengan cepat.

Obat menggunakan

  • Minyak atsiri, eugenol dalam bumbu ini telah digunakan terapi dalam kedokteran gigi sebagai anestesi lokal dan antiseptik untuk gigi dan gusi.

  • Eugenol juga telah ditemukan untuk mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes, namun studi rinci lebih lanjut diperlukan untuk membentuk manfaatnya.

  • Ramuan ini kadang-kadang digunakan dalam mengobati perut kembung dan gangguan pencernaan dalam persiapan obat tradisional. 

Hal ini juga diyakini memiliki alam anti-parasit (membunuh cacing usus) fungsi.

The volatile minyak esensial berfungsi sebagai rubefacient, artinya mengiritasi kulit dan memperluas pembuluh darah, meningkatkan aliran darah ke membuat kulit terasa hangat, membuatnya menjadi obat rumah populer untuk dan sakit otot arthritis, digunakan baik sebagai tapal atau dalam bak mandi panas.
Minyak cengkeh juga digunakan dalam aromaterapi.

Keselamatan profil

Konsumsi hidangan disiapkan dengan jumlah besar cengkeh dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal, gangguan sistem saraf pusat. Resep siap dengan bumbu ini harus dihindari pada individu dengan radang perut, ulcerative colitis, dan kondisi diverticulitis. Makan cengkeh juga dihindari selama kehamilan. ( Medis disclaimer )


Sumber: http://www.nutrition-and-you.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar